3/12/2013

Tugas Analisis Iklan di Radio


Raudatul Janah
NIM A1B110255

Transkripsi Iklan  Sosis So Nice di Radio

SMS ayo kita SMS. Semua Makan So nice. (lagu)
Wanita             : Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara?
Laki-laki          : Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai tasalah pilih. Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang berprotein. So nice makanan nang berprotein. Dukung pertumbuhan anak supaya pintar, berprestasi, wan jadi juara.
Anak-anak       : So nice so nice. So nice so nice.
Ayo makan so nice. Ayo kita SMS. Semua Makan So nice. (lagu)
Laki-laki          : Nang di ujung haja nyaman apalagi nang di tangah Dang.
Wanita             : So nice nyaman banar.
SMS Semua Makan So nice. SMS Semua Makan So nice. (lagu)
Semua             : So nice enak bermutu.
Anak-anak       : Dari so good food.

Struktur Percakapan Iklan

Wanita             : Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara? (Inisiasi)
Laki-laki          : Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai tasalah pilih. Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang berprotein. So nice makanan nang berprotein. Dukung pertumbuhan anak supaya pintar, berprestasi, wan jadi juara. (Respon)
Anak-anak       : So nice so nice. So nice so nice. (Feedback) 

Strategi pada iklan Sosis So nice menggunakan tuturan langsung.

  
Struktur Wacana Iklan

1.        Butir utama
Butir utama pada iklan Sosis So nice mengandung proposisi yang berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih.

Wanita             : Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara?

Pertanyaan yang ditampilkan tersebut dimaksudkan untuk menarik perhatian pendengar. Kalimat tersebut menanyakan kepada calon konsumen apakah ingin pintar, ingin berprestasi, ingin jadi juara.

2.        Badan Iklan
Badan iklan pada iklan Sosis So nice mengandung proposisi campuran alasan objektif dan subjektif.

Laki-laki          : Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai tasalah pilih.
                          Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang berprotein.
  So nice makanan nang berprotein (Objektif). Dukung pertumbuhan anak
  supaya pintar berprestasi wan jadi juara.
Anak-anak       : So nice so nice. So nice so nice.
Ayo makan so nice. Ayo kita SMS. Semua Makan So nice. (lagu)
Laki-laki          : Nang di ujung haja nyaman apalagi nang di tangah Dang. (Subjektif)
Wanita             : So nice nyaman banar. (Subjektif)
Alasan objektif yang terdapat pada ikan Sosis So nice tersebut adalah kalimat yang bercetak tebal “So nice makanan yang berprotein”. Sedangkan alasan subjektifnya adalah kalimat yang bergaris bawah “Yang di ujung saja enak apalagi yang di tengah. So nice enak sekali”.

3.        Butir Penutup
Butir penutup pada iklan Sosis So nice mengandung pengembangan dengan campuran teknik lunak dan butir pasif.
SMS Semua Makan So nice. SMS Semua Makan So nice.
Semua             : So nice enak bermutu.
Anak-anak       : Dari so good food.
Pada kalimat “SMS Semua Makan So nice, SMS Semua Makan So nice” merupakan bagian penutup yang menggunakan teknik lunak karena sifatnya yang mengulang pernyataan di awal wacana iklan. Sedangkan kalimat “So nice enak bermutu” dan “Dari so good food” mengandung butir pasif dimaksudkan memberi informasi tambahan sehubungan dengan hasil produk. Yang disampaikan sebagai informasi tambahan ‘so good food’ adalah nama pabrik yang memproduksi Sosis So nice.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar