Raudatul Janah
NIM A1B110255
Transkripsi Iklan Sosis So Nice di Radio
SMS ayo kita SMS. Semua
Makan So nice. (lagu)
Wanita :
Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara?
Laki-laki : Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai
tasalah pilih. Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang
berprotein. So nice makanan nang berprotein. Dukung pertumbuhan anak supaya
pintar, berprestasi, wan jadi juara.
Anak-anak : So nice so nice. So nice so nice.
Ayo
makan so nice. Ayo kita SMS. Semua Makan So nice. (lagu)
Laki-laki : Nang di ujung haja nyaman apalagi
nang di tangah Dang.
Wanita : So nice nyaman banar.
SMS
Semua Makan So nice. SMS Semua Makan So nice.
(lagu)
Semua : So nice enak bermutu.
Anak-anak : Dari so good food.
Struktur Percakapan Iklan
Wanita :
Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara? (Inisiasi)
Laki-laki : Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai
tasalah pilih. Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang
berprotein. So nice makanan nang berprotein. Dukung pertumbuhan anak supaya
pintar, berprestasi, wan jadi juara. (Respon)
Anak-anak : So nice so nice. So nice so nice. (Feedback)
Strategi pada iklan Sosis So nice
menggunakan tuturan langsung.
Struktur Wacana Iklan
1.
Butir utama
Butir
utama pada iklan Sosis So nice mengandung proposisi yang berupa pertanyaan yang
menuntut perhatian lebih.
Wanita : Handak Pintar? Handak beprestasi?
Handak jadi juara?
Pertanyaan yang ditampilkan tersebut dimaksudkan
untuk menarik perhatian pendengar. Kalimat tersebut menanyakan kepada calon
konsumen apakah ingin pintar, ingin berprestasi, ingin jadi juara.
2.
Badan Iklan
Badan iklan pada iklan Sosis So nice mengandung
proposisi campuran alasan objektif dan subjektif.
Laki-laki :
Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai tasalah pilih.
Makan sosis so nice. Rajin balatih wan
makan-makanan nang berprotein.
So nice makanan nang berprotein (Objektif).
Dukung pertumbuhan anak
supaya pintar
berprestasi wan jadi juara.
Anak-anak : So nice so nice. So nice so nice.
Ayo
makan so nice. Ayo kita SMS. Semua Makan So nice. (lagu)
Laki-laki : Nang di ujung haja nyaman apalagi
nang di tangah Dang. (Subjektif)
Wanita : So nice nyaman banar.
(Subjektif)
Alasan objektif yang terdapat pada ikan Sosis So
nice tersebut adalah kalimat yang bercetak tebal “So nice makanan yang
berprotein”. Sedangkan alasan subjektifnya adalah kalimat yang bergaris bawah “Yang
di ujung saja enak apalagi yang di tengah. So nice enak sekali”.
3.
Butir Penutup
Butir penutup pada iklan Sosis So nice mengandung
pengembangan dengan campuran teknik lunak dan butir pasif.
SMS Semua Makan So nice. SMS Semua
Makan So nice.
Semua : So nice enak bermutu.
Anak-anak : Dari so good food.
Pada kalimat “SMS Semua Makan So nice, SMS Semua
Makan So nice” merupakan bagian penutup yang menggunakan teknik lunak karena
sifatnya yang mengulang pernyataan di awal wacana iklan. Sedangkan kalimat “So
nice enak bermutu” dan “Dari so good food” mengandung butir pasif dimaksudkan
memberi informasi tambahan sehubungan dengan hasil produk. Yang disampaikan
sebagai informasi tambahan ‘so good food’ adalah nama pabrik yang memproduksi
Sosis So nice.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar